Investasi Ala Sufi

Sebelum lebih jauh tentang investasi ala sufi kita akan bahas dulu tentang Mazhab sufi dalam berinvestasi. Mazhab sufi itu apa sih?

Sebelum menjawab, pahami dulu esensi dari dua kata itu. Mazhab dan sufi.

Mazhab

Mazhab adalah jalan yang dilalui dan di lewati, sesuatu yang menjadi tujuan seseorang baik kongkret maupun abstrak. Sesuatu dikatakan Mazhab jika cara atau jalan tersebut menjadi ciri khasnya. Suluk (merambah jalan/menempuh jalan). Pelakunya adalah salik. Saya lebih senang menyebutnya koridor.

“Kita tidak akan pernah tahu koridor dimana kita berada akan membawa kita kemana, yang perlu kita ketahui hanyalah keyakinan bahwa koridor yang saat ini sedang kita jalani adalah koridor yang benar”.

Koridor akan menyampaikan pada apa yang jadi tujuan jika kita, fokus, khusyu, yakin, Istiqomah, dan optimis. Semua itu akan berkumpul dalam diri, mendarah daging, militan, jika kita yakin kebenaran koridor yang sedang dijalani adalah benar.

Sufi

Adapun definisi sufi berasal dari kata suf atau suu fun artinya bulu domba atau kain wol.

Karena jaman dulu orang-orang yang belajar makrifat menyederhanakan pola hidupnya dengan hanya berpakaian bulu domba. Sufi tidak bisa lepas dari sufisme atau tasawuf.

Definisi tasawuf harus berdasarkan 10 dasar ilmu pengetahuan yaitu Al- mabadi Al-Asyaroh. Dan mabadi tentang tasawuf ada dalam kitab Tanwirul Qulub.

Yang kurang lebih.

Ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat Qolbu (hati), baiknya dan buruknya, setelah mampu memahami sifat qolbu, ada yang baik dan buruk, maka harus memiliki kemampuan untuk mengontrol nya agar senantiasa memanifestasikan yang baik-baik saja, qolbun Salim atau hati yang selamat adalah yang termanajemen dengan baik, guna menempuh jalan menemukan Tuhannya.

Fokus sufi pada kontrol Qolbu.
Manajemen Qolbu.
Dan ini merupakan 80% faktor paling signifikan untuk berhasil di bursa.

Teknik Cuan di Bursa

Ada beragam tekhnik untuk cuan di bursa. Sufi tidak fokus pada tekhnik tapi pada filosofi di belakangnya. Saat paham filosofi, saat paham essensi, intinya inti, core of the core, The Essence Project.

Kita tidak terbutakan oleh metode. Banyak yang terbutakan oleh metode, belajar teknikal sampai advance, saking sibuknya belajar hingga tidak pernah trading real di market yang sesungguhnya.

Segala macam resep bisa. Resep sop, resep soto, ayam bakar, sate, rawon, tongseng, tapi tidak pernah masak. Giliran masak, buat sop pakai kunyit dan santan, tidak sesuai resep yang dipelajarinya.

Kami membuka pelatihan yang totally ke investasi, dan ini merupakan pengajaran dari orang-orang terdahulu. Di pelatihan volunteer semua diajarkan, sehingga volunteer bisa melihat market secara holistik, totalitas.Karena market adalah satu kesatuan. Melihat market haruslah melihat gajah Secara utuh.

Jangan melihat gajah seperti orang buta.Ada yang menyimpulkan gajah seperti kipas, karena kebetulan yang dipegang telinga gajah. Ada yang menyimpulkan gajah seperti ular dan tali, sebab kebetulan yang dipegang ekor gajah. Ada yang menyimpulkan gajah itu kokoh seperti pohon kelapa sebab yang dipegang adalah kaki gajah. Buka mata, lihat gajah sebagaimana adanya, dan perlakukan sebagaimana karakternya gajah.

Perdebatan orang buta tidak akan pernah selesai, sebab masing-masing bersekukuh dengan cara pandang yang sempit.

Perdebatan antara fundamental dan teknikal tidak akan pernah selesai. Tidak akan cuan lebar kalau hanya berdebat masalah metode. Di Sufi Investing semua metode dipelajari, dan dilahami filosofinya.

Sehingga ahli teknikal tidak beralih ke fundamental, demikian pula ahli Fundamental, mereka tetap pada koridor masing-masing, dan saling kolaborasi, melengkapi, Mazhab apapun semakin powerfull dengan pemahaman The Essence Project.

Market hanyalah masalah kesepakatan.

Kesepakatan value saat itu, dan derajat kebutuhan serta persediaan, hukum pasar tetaplah dasar dari segalanya, supply and demand.

Sesiapa yang bisa membaca apa yang sedang ditawarkan oleh market, maka bisa terlibat di dalamnya, memahami trend yang sedang terjadi, dan kemudian menentukan sikap akan mengambil bagian disisi yang mana, penjual atau pembeli, beli diberapa, jual di berapa, kapan entry, kapan exit.

Untuk itu kami bekerja keras, menemukan tools yang bisa baca semua probabilitas yang ditawarkan oleh market, lebih jauh lagi ikuti pelatihan nya di bulan Oktober, pendaftaran mulai terhitung hari ini 14 Juli 2019.

Join link Telegram : t.me/sufiinvesting dan channel : t.me/sufiinvestinglibrary untuk info lebih lanjut.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Blue Print Investasi Saham (Opening Session) | Leopard Trading
  2. Istilah Saham yang Wajib Anda Ketahui | Leopard Trading

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*